Selasa, 07 Mei 2013

Sejarah Mbah Google

Google merupakan sebuah perusahaan Amerika Serika yang sangatlah terkenal karena mesin pencarinya yang juga dinamakan Google. Kantor pusat Google berada di Mountain View, California, disebut juga dengan "Googleplex".
Sejarah - Langsung ke Seputar Duo Pendiri Google
logo google ukuran 300
Google si mesin pencari yang sudah sangat terkenal khususnya bagi peselancara dunia cyber. Anda hanya perlu mengetik kata sandi yang diinginkan dan Om Google ini akan melacak dan mencari informasi terkait dengan kata sandi yang dimasukkan.
Kata Google sendiri berasal dari kata Googlo, yang diciptakan oleh Milton Sirotta, keponakan Edward Kasner seorang ahli matematika AS. Sirotta membuat istilah Googlo untuk menyebutkan angka 100 yang diikuti oleh angka 0 (nol).
Google memiliki latar belakang sejarah yang unik, ia lahir dari sebuah pertemuan dua pemuda pada tahun 1995, Larry Page  dan Sergey Brin. Larry Page adalah alumnus Universitas Michigan, sedangkan Sergey Brin merupakan seorang murid yang mendapat tugas untuk mengatar keliling Lary. Dalam pertemuan tanpa disengaja tersebut, duo pendiri Google ini sering terlibat diskusi panjang.
Pada diskusi-diskusi panjang kedua orang tersebut dipenuhi oleh perdebatan karena keduanya memiliki pendapat dan pandangan yang berbeda, tetapi hal inilah yang justru melahirkan mesin pencari  ternama Google. Dari perdebatan-perdebatan karena perbedaan pemikiran mereka, menghasilkan sebuah pendekatan unik untuk bagaimana memperoleh kembali data dari set data yang sebegitu besarnya.
Di Januari 1996, Larry dan Sergey mulai melakukan kolaborasi dalam pembuatan search engine yang diberi nama BackRub. Setahun kemudian pendekatan unik ini mengangkat nama BackRub yang menyebar ke penjuru kampus. Hal ini terus disempurnakan hingga awal 1998 sambil mencari investor.
Tidak sia-sia hasil kerja keras mereka, mereka mendapat suntikan dana dari teman kampus mereka, Andy Bechtolsheim pendiri Sun Microsystems. Suntikan dana ini adalah hasil dari demo singkat ke Andy yang tak memilki banyak waktu.
Tapi suntikan dana itu tidak berlangsung dengan baik, suntikan dana yang diberikan Andy diberikan untuk perusahaan dengan nama Google, padahal saat itu perusahaan bernama Google belum didirikan oleh Sergey dan Larry. Hal ini pun menyebabkan duo pendiri Google ini tidak mungkin mencairkan cek tanpa ada lembaga legal bernama Google, sehingga mereka harus mencari suntikan dana lain dari keluarga, teman dan saudara hingga terkumpul 1 juta dolar. Google pun dapat didirikan secara resmi pada 7 September 1998 di Menlo Park, California.
Google mempunyai misi "untuk mengumpulkan informasi dunia dan menjadikannya dapat diakses secara universal dan berguna." Google sendiri memiliki suasana budaya perusahaan yang santai seperti filosofinya, yaitu "Kerja harusnya menantang dan tantangan itu harusnya menyenangkan" dan "Don't be Evil".
 
duo pendiri google sergey brin dan larry page
gambar duo pendiri Google -  Larry Page (kiri) dan Sergey Brin (kanan)
1. Larry Page dan Sergey Brin awalnya bermusuhan
Sebagai orang-orang yang sama-sama cerdas, LP dan SB adalah dua orang yang sering berdebat satu sama lain, bahkan untuk urusan yang sangat kecil seperti siapa yang harus menutup pint atau siapa yan lebih dulu membaca koran. Tapi hal ini bukanlah hanya pertengkaran semata, tapi karena rasa kompetitif satu sama lain, hal ini diakhiri oleh tawa mereka bersama.
2. Pendiri Google pernah Frustasi
Setelah berturut-turut ditolak oleh investor seperti AltaVista, Excite dan Yahoo, LP dan SB frustasi. Mereka membuat PageRank Google dipenuhi rasa frustasi hingga akhirnya mereka berkembang. Hal ini tidak pernah dibayangkan oleh kedua pendiri Google ini bahwa Google dapat sebesar sekarang. Mereka hanya memikirkan untuk menyelesaikan kuliah seccepatnya sambil menjalankan Google.
Bahkan Google pernah tidak dilirik selama 1 minggu.
3. LP dan SB pernah membercandai Eric Schmidt ketika pertama berkantor di Google.
Eric Schmidt, anggota direksi Google pernah dikerjai oleh duo pendiri Google ini dengan dibagi-bagikan  secara gratis kartu kredit perusahaan ke karyawan. Hal ini membuat Eric Schmidt pusing, dan mendapat pekerjaan baru untuk menarik kembali hal tersebut.
Bahkan ada saat dimana Eric dikerjai dengan tiba-tiba ada telepon umum, kulkas dan kursi pijat di ruang kerjanya. Jika Eric tidak punya selera humor, dia tidak akan tahan bekerja bersama dengan duo pendiri Google ini.
4. Cerita Palsu nama perusahaan Google berdasar pada Sergey Brin
Nama asli Google yang berasal dari kata Googol dikatakan bukan sumber asli Google melainkan karena kata "Go Girl!". Sergrey Brin  memperoleh ide tersebut ketika sedang menonton pertandingan olahraga cheerleader yang meneriakkan Go Girl! Go Girl (GoGel).
5. Larry Page ingin membuat Alat Trasporatasi otomatis, Sergey Brin membuat koloni di Mars.
Di kemudian hari, kedua ide ini berusaha diwujudkan dimana ide Larry dimulai dengan proyek mobil listrik sedangkan Sergey dimulai dengan Proyek Virgle.
6. Tanda ~ lebih kuat dari tanda * jarang dipakai
Tahukah Anda jika lambang ~ diketikkan di depan kata tertentu pada mesin pencari Google, berarti kita menginginkan Google untuk mencari semua data terkait kata sandi yang kitamasukkan beserta dengan sinonimnya.
Contoh ~motor, maka semua halaman yang mengandung kata motor dan sinonimnya, seperti motor show, sepeda motor akan ditampilkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Berkomentar untuk yang tidak mempunyai akun .
Beri Komentar Sebagai : Name/URL > tulis namamu > lanjutkan > tulis komentar .

Terima Kasih Pengunjung .. Kami Akan Selalu MemPosting Ilmu Yang Bermakna .. ^.^